0852-2423-3315
chuexaza15@gmail.com
Majalengka, Jawa Barat, INA
blog-img
04/10/2021

Tambulampot Jeruk lemon California dan Manfaatnya

Acu Samsudin | Artikel Pertanian

Oleh; IKA KUSIKA,SP

Guru Produktif ATPH

SMKN 1 MAJA

 

Tabulampot ialah singkatan dari tanaman buah dalam pot. Menanam tanaman yang berbuah dan kemudian bisa memanfaatkan hasil buahnya untuk dikonsumsi di rumah bisa dilakukan dengan mudah. Pastinya, butuh panduan lengkap dan singkat bagaimana cara menanam tabulampot.

Ciri khas dari jenis budidaya tabulampot buah dalam pot ini adalah tidak membutuhkan lahan luas. Pohon sudah dapat berbuah meskipun ukuran pohon masih pendek dan tidak terlalu besar seperti halnya yang ditanam di lahan. Namun tanaman tersebut tetap menghasilkan buah melimpah. Itulah keunggulan dari metode ini. Berbagai jenis buah pun bisa dijadikan tabulampot. Contohnya adalah tabulampot mangga, tabulampot rambutan, tabulampot belimbing dewi, tabulampot jambu air citra dan tabulampot jeruk lemon california. Jenis -jenis tanaman buah tersebut merupakan yang populer untuk dibudidayakan. Selain kaya manfaat, dengan cara perawatan yang tepat maka hasil buah ini juga akan melimpah.

Keunikan tanaman buah dalam pot adalah bibit dari perbanyakan vegetatif yang sengaja tidak dibuat tinggi. Hal ini bisa memaksimalkan ruang yang ada, memudahkan pemeliharaan dan memudahkan pemanenan. Dengan adanya pot, maka tanaman ini pun mudah dipindahkan. Namun, dibalik semua kelebihannya pasti ada kelemahan. Begitu juga dengan tanaman buah dalam pot. Dengan wadah kecil dan media tanam terbatas, pemilik dituntut untuk lebih serius dan berhati-hati dalam merawat pohon. Perawatan juga harus lebih istimewa. Jika tidak, buah yang ditunggu tidak akan muncul. Bahkan, bukan tidak mungkin tanaman yang dirawat itu bisa mati.

Misalnya, ketika salah memberikan pupuk, maka hasilnya akan mempengaruhi proses pembungaan. Pada kasus lain, tumbuhan mungkin terlihat subur, tetapi tidak berbunga dan berbuah. Kalaupun berbunga, tak lama kemudian akan rontok.

 

Tambulampot jeruk lemon california

Jeruk Lemon California memiliki keunggulan ukuran buah yang besar dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Budidayanya sangat mudah dan mampu beradaptasi dengan baik untuk dataran rendah dan tinggi. Cocok untuk perkebunan atau sekedar hiasan pekarangan, maupun untuk tabulampot. Tersedia bibit jeruk lemon California ukuran standar dalam polibag 25cm dengan tinggi 40-80cm.

Manfaat Lemon california untuk Kesehatan

Karena kandungan nutrisinya yang beragam, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi lemon, antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat utama lemon adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam lemon juga dapat melindungi tubuh dari bahaya efek radikal bebas. Bahkan, beberapa penelitian telah mengungkapkan berbagai potensi lemon untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.

2. Menyehatkan saluran pencernaan

Lemon mengandung pektin, salah satu jenis serat larut yang bermanfaat untuk menyehatkan saluran cerna dan mengatasi beragam masalah pada pencernaan, seperti konstipasi.

Kandungan serat di dalam lemon juga dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mencegah kenaikan gula darah secara drastis. Hal ini menjadikan lemon baik dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.

3. Menjaga kesehatan kulit

Lemon juga dapat menjaga kelembapan kulit, membuat kulit terlihat lebih segar, dan bahkan mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus.

Ini berkat kandungan vitamin C pada lemon mampu meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang berperan penting dalam mempertahankan elastisitas dan kesehatan kulit.

4. Menjaga berat badan

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang rendah kalori dan lemak, sehingga baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet.

Tak hanya itu, kandungan serat dalam lemon juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk ngemil atau makan berlebihan pun bisa berkurang.

Namun, tak hanya dengan mengonsumsi lemon, Anda juga perlu rutin berolahraga dan membatasi asupan makanan tinggi kalori, gula, dan garam untuk menjaga atau menurunkan berat badan.

Bagikan Ke:

Populer