0852-2423-3315
chuexaza15@gmail.com
Majalengka, Jawa Barat, INA
blog-img
21/11/2021

Meningkatkan Motivasi Keterampilan Menulis Iklan Menggunakan Model PjBL Dengan Aplikasi Canva di Kel

Budi Priatna | Artikel

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) adalah wabah yang terjadi pada tahun 2019. Berawal dari kota Wuhan di negeri China perlahan wabah ini menyebar luas ke seluruh penjuru dunia. Menyebabkan sekolah harus melakukan pembelajaran jarak jauh karena penyakit ini menular. Menurut artikel klik dokter bahwa infeksi corona virus merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menimbulkan gejala utama berupa gangguan pernapasan. Karena belum ditemukannya obat, maka untuk keselamatan bersama pemerintah Indonesia menerapkan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Di Indonesia sendiri sudah dilakukan vaksin untuk virus corona dimulai oleh orang nomor 1 yaitu Bapak Joko Widodo yang merupakan Presiden Indonesia. Hal ini disiarkan langsung melalui berbagai media di Indonesia bersama dengan orang-orang yang terpilih untuk memberikan edukasi bahwa vaksin ini aman dan bermanfaat untuk rakyat Indonesia. Di kabupaten Majalengka juga sudah mulai di sosialisasikan. Memang tidak serentak namun secara bertahap di mulai dengan orang-orang yang bergerak di bidang medis dan seterusnya. Untuk sekolah sampai saat penelitian ini belum dimulai baru pendataan.

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan karena banyak peserta didik yang malas dalam pembelajaran bahasa Inggris. Secara urnum dalam belajar bahasa Inggris peserta didik harus menguasai empat keterampilan berbahasa, yaitu: keterampilan mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing). Namun dalam penelitian ini hanya difokuskan pada masalah yang timbul dalam kegiatan menulis, khususnya dalam membuat kalimat bahasa Inggris sederhana.

Dalam keadaan pandemi Covid 19 ini, guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi agar pembelajaran jarak jauh/on line dapat berjalan secara kondusif.

Apabila gurunya tidak menggunakan teknologi maka akan sulit sekali memotivasi belajar peserta didik dalam keadaan jarak jauh. Karena dengan pembelajaran jarak jauh menggunakan teknotologi dapat memudahkan pembejaran, evaluasi dan pastinya menerapkan protokol kesehatan menjaga jarak dan pendekatan yang dilakukan scientific approach.

Di SMPN 4 maja kami menggunakan aplikasi Google Meet, Google class dan Whatsapp untuk pembelajaran daring/on line. Pembelajaran jarak jauh/on line ini kami sebut dengan daring. Semua materi atau praktik untuk pembelajaran Bahasa inggris lewat video dapat tersampaikan dengan baik. Penugasan maupun evaluasi dalam bentuk soal juga dilakukan dengan menggunakan form yang terdapat di aplikasi tersebut. Apabila terkendala sinyal maka di bagikan file word/ image nya saja di group Whatsapp.

Di SMPN 4 Maja, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompetensi yang mewajibkan anak untuk aktif dalam pembelajaran.

Guru hendaknya mendorong peserta didik untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pembelajaran dalam penelitian ini di fokuskan pada KD 3.10 dan 4.10 materi pada chapter 10 tentang teks khusus berbentuk iklan. Dalam materi ini peserta didik diharapkan dapat:

  1. Setelah menonton video, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian iklan dan ungkapan atau kata yang digunakan dengan menggunakan tabel analisis dengan benar.
  2. Setelah mengamati power point, peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan dan perbedaan beberapa iklan dari segi isi dan bentuk dengan tepat.
  3. Setelah mengamati power point, peserta didik dapat menganalisis bagian-bagian iklan dan ungkapan atau kata yang digunakan dengan menggunakan tabel analisis dengan benar.
  4. Setelah berdiskusi, peserta didik dapat membuat iklan terkait produk dan jasa yang menarik dengan benar.
  5. Setelah berdiskusi, peserta didik dapat mempersentasikan iklan di depan kelas dengan baik.
  1. Identifikasi Masalah

Peserta didik memiliki minat menulis (Writing) ataupun berbicara (speaking) yang masih rendah yang ditunjukkan dengan ketika diberi tugas pada pertemuan sebelumnya membaca tentang materi yang akan dipelajari yaitu teks khusus berbentuk iklan banyak yang tidak melakukannya. Hal ini terbukti ketika diberi pertanyaan tidak bisa menjawab. Peserta didik terlambat masuk kelas dan suasana ribut meskipun guru telah menggunakan media pembelajaran. Ketika peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya maupun diberi pertanyaan mereka kurang memberikan respon.

Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa peserta didik kelas IX- C kenapa mereka kurang berminat dengan pembelajaran teks khusus berbentuk iklan. Beberapa jawaban mereka diantaranya, guru selalu duduk di kursi, kurang memperhatikan peserta didik seluruh kelas, penjelasan guru tidak menarik dan peserta didik tidak mengerti apa yang disampaikan teman dari kelompok lain ketika membacakan hasil kerja kelompok.

Berdasarkan hasil observasi terhadap kegiatan pembelajaran di kelas IX- C menunjukkan tingkat partisifasi atau tingkat keaktifan peserta didik masih kurang. Peserta didik merasa bosan dengan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru. Tidak semua peserta didik mengikuti Google meet sesuai jadwal yang telah ditentukan. Hasil studi dokumentasi pratindakan menunjukkan 40% yang mencapai KKM, Sedangkan sisanya masih dibawah KKM.

  1. Rumusan Masalah

Dari penjelasan tentang latar belakang masalah di atas, diketahui bahwa ruang lingkup penelitian ini meliputi kajian pembelajaran, khususnya pada penggunaan aplikasi canva dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada aspek Writing. KD 3.10 membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya. KD 4.10 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan, pendek dan sederhana, terkait produk dan jasa.

Maka Peneliti membuat Penelitian Tindakan Kelas dengan judul Meningkatkan Motivasi Keterampilan Menulis Iklan Menggunakan Model PjBL Dengan Aplikasi Canva di Kelas IX-C SMPN 4 Maja”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

  1. Apakah penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkat kemampuan menulis dan membuat product iklan dalam pembelajaran Bahasa inggris?
  2. Apakah pembelajaran menggunakan aplikasi Canva dalam menulis iklan dapat meningkat motivasi peserta didik?
  3. Bagaimana tingkat keaktifan peserta didik dalam keterampilan menulis dan membuat product iklan yang menarik menggunakan aplikasi Canva di kelas IX – C SMPN 4 Maja tahun ajaran 2020 -2021?
  4. Faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi peserta didik dalam meningkat kemampuan menulis dan membuat product iklan dalam pembelajaran Bahasa inggris?

 

  1. Tujuan

Bagaimana caranya agar pembelajaran daring tetap berlangsung selama siswa-siswi belajar di rumah. Guru dapat melaksanakan kurikulum yang di sederhanakan dan situasional sesuai dengan kemampuan siswa-siswinya. Materi Pokok dalam pembelajaran yang di teliti adalah teks khusus dalam bentuk iklan. Walaupun dilakukan secara daring, pembelajaran ini diharapkan efektif dengan tujuan:

  1. Melalui model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkat kemampuan menulis dan membuat product iklan dalam pembelajaran Bahasa inggris,
  2. Untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan aplikasi Canva dalam menulis iklan dapat meningkat motivasi peserta didik,
  3. Untuk mengetahui bagaimana tingkat keaktifan peserta didik dalam keterampilan menulis dan membuat product iklan yang menarik menggunakan aplikasi Canva di kelas IX – C SMPN 4 Maja tahun ajaran 2020 -2021,
  4. Faktor yang mempengaruhi motivasi peserta didik dalam meningkat kemampuan menulis dan membuat product iklan dalam pembelajaran Bahasa inggris.
  1. Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi semua pihak dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan terutama bagi:

  1. Peserta didik, dapat memudahkan pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan aplikasi Canva dalam menulis iklan,
  2. Guru, memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris khususnya teks khusus dalam bentuk iklan melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sehingga mudah dipahami peserta didik dan menyenangkan,
  3. Sekolah, menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi kepala sekolah untuk menetapkan suatu kebijakan tentang penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam suatu proses pembelajaran khususnya Bahasa Inggris pada teks khusus dalam bentuk iklan,
  4. Melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) menggunakan aplikasi Canva dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik dalam menulis iklan.

 

BAB II KAJIAN TEORI

  1. Motivasi Belajar
  2. Project Based Learning (PjBL)
  3. Teks Khusus Dalam Bentuk Iklan
  4. Aplikasi Canva
  5. Kerangka Berfikir
  6. Hipotesis Tindakan

 

BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN

  1. Objek Tindakan
  2. Setting Penelitian
  3. SIKLUS I
  4. SIKLUS II

 

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

Bagikan Ke:

Populer