0852-2423-3315
chuexaza15@gmail.com
Majalengka, Jawa Barat, INA
blog-img
06/10/2021

LABORATORIUM KULTUR JARINGAN TANAMAN PROGRAM STUDI AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMK NE

Acu Samsudin | Artikel Pertanian

Oleh : SRI NURLIANTI

GURU PRODUKTIF ATPH

SMK N 1 MAJA

 

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Maja merupakan sebuah institusi pendidikan dalam pencapaian tujuannya sangat didukung oleh berbagai komponen. Salah satunya adalah Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman. Laboratorium adalah tempat pembelajaran dengan cara mencari pengetahun tentang kultur jaringan tanaman secara sistematis melalui proses penemuan (inquiri) yang menekankan pemberian pengalaman langsung dalam penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa,yang bermuara pada pembelajaran Work Based Experimen (belajar sambil bekerja). Lebih dari itu Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman dibangun untuk membangun program akademik siswa di program studi agribisnis produksi tanaman melalui praktikum dibidang perbanyakan tanaman secara inkonvensional.

Keberadaan Laboratorium Kultur Jaringan juga perlu didukung oleh berbagai program yang baik agar dapat mencapai tujuan yang direncanakan dan mengacu kepada Visi dan Misi SMK Negeri 1 Maja. Penyusunan program yang baik dan terencana akan menciptakan suatu pengembangan dan pemeliharaan Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman ke depan. Hal ini akan mendukung tingkat keberhasilan Program yang ingin dicapai sekaligus memberikan tingkat ketercapaian Visi dan Misi SMK Negeri 1 Maja.

Laboratorium kultur jaringan terletak di kawasan program studi Agribisnis tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) yang berdekatan dengan kelas lapang. Manajemen laboratorium kultur jaringan dipimpin oleh satu orang kepala laboratorium yang berada di bawah pengawasan Ketua prgram studi ATPH dan wakasek Sarana dan prasarana. Laboratorium kultur jaringan SMK Negeri 1 Maja telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai dengan staf teknisi yang berpengalaman.

Kegiatan yang dilakukan pada laboratorium kultur jaringan meliputi kegiatan kunjungan siswa SMP, praktikum siswa, kegiatan rutin (Produksi bibit secara kultur jaringan), pelayanan siswa prakerin, pelayanan mahasiswa magang, serta kegiatan pelatihan. Komoditi yang telah dan sedang dikembangkan pada laboratorium kultur jaringan SMK Negeri 1 Maja adalah tumbuhan jenis anggrek, krisan, pisang, jeruk medan dan gaharu. Produksi hasil berupa bibit dan tanaman hasil aklimatisasi dapat diperoleh langsung di Green House SMK Negeri 1 Maja terutama untuk tumbuhan anggrek (baik dalam bentuk botol bibit atau souvenir, seedling) pisang dan krisan. Mahasiswa yang memanfaatkan potensi laboratorium kultur jaringan sebagai tempat magang yaitu berasal dari UNMA, serta kegiatan pelatihan yang memanfaatkan potensi laboratorium kultur jaringan adalah Perserta Pelatihan Keahlian Ganda PB SMK Negeri 1 Maja Tahun 2017.

 

Bagikan Ke:

Populer