Pengenalan Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan non formal yang dilakukan peserta didik pada satuan pendidikan yang dilaksanakan di luar jam belajar. Kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ini dapat berbentuk kegiatan seni, olah raga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan positif lainnya yang bertujuan untuk kemajuan para siswa itu sendiri.

Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari pengembangan institusi sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan bakat, minat, kepribadian, prestasi, dan kreativitas siswa dalam rangka mengembangkan pendidikan siswa seutuhnya. Secara khusus kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk:
a. Menyediakan lingkungan yang memungkinkan bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi, bakat, dan kemampuannyya secara optimal, sehingga mereka mampu mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan pribadi, lingkungan, maupun kebutuhan masyarakat;
b. Mengidentifikasi dan membina serta mengembangkan dan meningkatkan potensi para siswa secara utuh;
c. Mengembangkan aspek afektif dan psikomotor; dan
d. Membantu para siswa dalam pengembangan minat dan membantu agar mereka memiliki semangat baru untuk lebih giat belajar serta menanamkan rasa tanggung jawabnya sebagai manusia yang mandiri.

Dalam rangka mewujudkan tujuan-tujuan tersebut di atas, SMKN 1 Maja sebagai sebuah lembaga pendidikan formal juga mengadakan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler bagi para siswanya baik yang berbentuk kegiatan seni, olah raga, bela diri, bahasa, pengembangan kepribadian, prestasi, maupun kreativitas siswa.

Kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di SMKN 1 Maja seperti yang diperkenalkan pada saat acara pengenalan ekstrakurikuler pada hari Jumat 19 Juli 2019 yang merupakan sub kegiatan pada MPLS Tahun Pelajaran 2019/2020 antara lain sebagai berikut:

  1. Kepramukaan
  2. Patroli Keamanan Sekolah (PKS)
  3. Palang Merah Remaja (PMR)
  4. Paskibra
  5. Rohis/Kerohanian
  6. Tilawatil Quran
  7. Pencak silat
  8. Karawitan
  9. Paduan suara
  10. Marching band
  11. Jurnalistik
  12. Bola voli
  13. Bulu tangkis
  14. Futsal
  15. Basket
  16. Koperasi siswa
  17. English Club
  18. Japanesse Club
  19. Pecinta Alam